logo

    Cara Penggunaan

    Bagaimana Cara Mendaftar Sebagai Mitra di SIPLah BizOne?

    Calon Mitra bisa langsung melakukan registrasi dengan cara klik ‘Daftar’ di menu halaman utama untuk melengkapi data diri individu dan badan hokum, sebagai berikut:

    Individu
    1. Nama Lengkap
    2. Nomor Induk Kependudukan / Kartu Tanda Pengenal
    3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    4. Alamat Lengkap (diisi lengkap dengan data provinsi, kabupaten, kecamatan dan kode pos)
    5. Nomor Telepon (lampirkan nomor handphone yang aktif)
    6. Alamat email
    7. Titik koordinat lokasi / titik geografis
    8. Nomor Rekening
    9. Nama pemiliki rekening harus sesuai dengan nama dalam KTP
    10. Nama dan Cabang Bank
    11. Kategori UMKM
    12. Foto selfie dengan memegang KTP untuk keperluan verifikasi
    Badan Hukum
    1. Nama Perusahaan
    2. Akte Pendirian dan SK Kemenkumham
    3. Akte perusahaan dan SK Kemenkumham (kondisional)
    4. KTP Direktur / Penanggung jawab
    5. NPWP
    6. NIB
    7. SIUP
    8. Domisili
    9. Alamat email
    10. Nomor Telepon
    11. Titik koordinat lokasi / titik geografis
    12. Nomor Rekening Bank (harus atas nama perusahaan)
    13. Nama pemilik rekening bank
    14. Nama dan Cabang bank
    15. Kategori UMKM

    Setelah data dilenkgapi, akun akan disetujui oleh SIPLah BizOne maksimal 3 x 24 jam (hari kerja) setelah mitra berhasil mendaftarkan diri.

    Bagaimana Cara Membuat Pesanan di SIPLah BizOne?

    1. Buyer cari produk dan add to cart
    2. Ke halaman keranjang belanja bisa lanjut checkout dengan banyak penjual klik beli sekarang
    3. Lengkapi semua data pada halaman checkout
      1. Metode pengiriman
      2. Sumber dana -> berdasarkan data kemendikbud
      3. Pemotongan Pajak
      4. Estimasi Pembayaran
    4. Klik Buat Pesanan

    Bagaimana Cara Untuk Melakukan Perbandingan (Comparison)?

    1. Jika total belanja di keranjang > 50jt
    2. klik Buat Perbandingan pada keranjang belanja
    3. Klik “perbandingan” yang terletak disebelah “keranjang belanja”
    4. Tambahkan nama penjual yang akan dijadikan perbandingan
    5. Pilih produk yang akan dibandingkan
    6. Pilih pengiriman
    7. Beli Sekarang baru akan aktif saat pembeli melengkapi:
      1. Metode Pengiriman
      2. Pilih Merchant pembanding dan Barang pembanding dari merchant tersebut sebanyak ketentuan yang berlaku (jika >50jt tapi <200jt maka min 1 pembanding saja)
        *Note: Saat pilih barang pembanding, hanya barang dengan kategori yang sama dengan barang di merchant utama yang akan muncul
    8. Pilih barang yang diinginkan, klik “Beli Sekarang”
    9. Jika tidak bisa melengkapi perbandingan karena tidak ada merchant pembanding yang sesuai maka satdik harus melalui proses negosiasi

    Jika total belanja (tidak terbatas satu barang) >50jt maka pembeli harus melakukan perbandingan dengan ketentuan berikut:

    • 50jt < total belanja < 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 1 merchant pembanding
      ( 1 merchant utama dan 1 merchant pembanding)
    • total belanja > 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 2 merchant pembanding
      ( 1 merchant utama dan 2 merchant pembanding)

    Bagaimana Cara Melakukan Negosiasi di SIPLah BizOne?

    Item – item yang bisa di nego adalah sebagai berikut:

    1. Harga produk (kecuali buku utama dan pendamping tidak bisa di nego)
    2. Metode pengiriman
    3. Waktu pemrosesan (jika salah satu barang yang di nego merupakan barang PO)
    4. Estimasi Pembayaran
    5. Catatan (opsional)

    Berikut panduan untuk melakukan pemesanan setelah dilakukan negosiasi :

    1. Masuk ke halaman keranjang belanja
    2. Klik “nego” pada bagian kanan atas
    3. Pilih item yang di nego
    4. Masukkan nominal harga nego
    5. Pilih nego metode pemesanan
    6. Nego waktu pemrosesan
    7. Nego estimasi pembayaran
    8. Klik “kirim nego”
    9. Menunggu respon dari penjual, jika sudah penjual sudah merespon maka klik ‘beli sekarang’
    10. Lakukan check out dan pilh sumber pendanaan, pemotongan pajak dan estimasi pembayaran
    11. Klik ‘buat pesanan’

    Bagaimana Cara Untuk Melakukan Pembayaran di SIPLah BizOne?

    Melalui ATM
    1. Masukkan kartu ATM dan PIN BRI kamu
    2. Pada menu utama, pilih menu Transaksi Lain > Pembayaran > Lainnya > BRIVA
    3. Masukkan nomor BRIVA
    4. Di halaman konfirmasi, pastikan data transaksi sudah benar kemudian pilih Ya
    Melalui Mobile Banking BRI
    1. Akses BRI Mobile Banking melalui handphone
    2. Pilih Mobile Banking BRI
    3. Pilih menu Info, lalu pilih BRIVA
    4. Masukkan nomor BRIVA
    5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan
    6. Masukkan PIN kamu
    Melalui Internet Banking
    1. Masuk ke http://ib.bri.co.id/ib-bri/
    2. Masukkan Username dan Password
    3. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih BRIVA
    4. Masukkan nomor BRIVA
    5. Pastikan data transaksi sudah benar
    6. Masukkan password kamu
    7. Masukkan mToken kamu
    Melalui ATM Bank Lain
    1. Setelah memasukkan kartu ATM dan nomor PIN, pilih menu Transaksi Lainnya
    2. Pilih menu Transfer
    3. Pilih menu ke Rek Bank Lain
    4. Masukkan Kode Bank Tujuan: BRI (Kode Bank: 002). Lalu klik Benar
    5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan. Lalu klik Benar
    6. Masukkan kode BRIVA. Lalu klik Benar
    7. Pilih dari rekening apa pembayaran akan didebit
    8. Sistem akan memverifikasi data yang dimasukkan. Pilih Benar untuk memproses pembayaran

    Cara Berbelanja

    1. Pembeli mencari produk yang ingin di beli dan pilih menu “add to cart”
    2. Pembeli menentukan jumlah barang yang ingin dibeli.
    3. Lengkapi seluruh data yang dibutuhkan pada halaman tesebut.
    4. Memilih metode pengiriman sesuai yang diinginkan
    5. Menentukan sumber dana berdasarkan dana yang dimiliki oleh Satuan Pendidikan.
    6. Setelah mengisi data dan memilih layanan sesuai yang diinginkan, pembeli dapat melihat estimasi pembayaran.
    7. Klik “Beli Sekarang” jika hanya ingin membeli barang tersebut. Pilih “+ Keranjang” jika masih ingin menambahkan produk lainnya.
    8. Jika sudah selesai proses tersebut, maka pembeli dapat melanjutkan proses Checkout dan untuk mengakhiri proses pembelanjaan ini, pembeli dapat memilih “Beli Sekarang”.
    9. Jika sudah berhasil melakukan proses pembelian suatu barang, akan mendapat pesan “Pesanan Berhasil Dibuat”

    Cara Pembayaran

    Tipe pembayaran SIPLah-BizOne menggunakan sistem transfer antar bank dan menggunakan Virtual Account. Jika Satuan Pendidikan telah melakukan pembayaran diharuskan mengunggah bukti transfer pada sistem SIPLah BizOne.

    Melalui ATM

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN BRI kamu
    2. Pada menu utama, pilih menu Transaksi Lain > Pembayaran > Lainnya > BRIVA
    3. Masukkan nomor BRIVA
    4. Di halaman konfirmasi, pastikan data transaksi sudah benar kemudian pilih Ya

    Melalui Mobile Banking BRI

    1. Akses BRI Mobile Banking melalui handphone
    2. Pilih Mobile Banking BRI
    3. Pilih menu Info, lalu pilih BRIVA
    4. Masukkan nomor BRIVA
    5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan
    6. Masukkan PIN kamu

    Melalui Internet Banking

    1. Masuk ke http://ib.bri.co.id/ib-bri/
    2. Masukkan Username dan Password
    3. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih BRIVA
    4. Masukkan nomor BRIVA
    5. Pastikan data transaksi sudah benar
    6. Masukkan password kamu
    7. Masukkan mToken kamu

    Melalui ATM Bank Lain

    1. Setelah memasukkan kartu ATM dan nomor PIN, pilih menu Transaksi Lainnya
    2. Pilih menu Transfer
    3. Pilih menu ke Rek Bank Lain
    4. Masukkan Kode Bank Tujuan: BRI (Kode Bank: 002). Lalu klik Benar
    5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan. Lalu klik Benar
    6. Masukkan kode BRIVA. Lalu klik Benar
    7. Pilih dari rekening apa pembayaran akan didebit
    8. Sistem akan memverifikasi data yang dimasukkan. Pilih Benar untuk memproses pembayaran

    FAQ

    Apa Itu Platform SIPLah?

    Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) merupakan platform yang dirancang untuk membeli kebutuhan sekolah dengan memanfaatkan sistem marketplace yang dioperasikan oleh pihak ketiga (Mitra). Para Mitra yang tergabung dalam SIPLah harus memenuhi syarat dan memenuhi kebutuhan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan.

    Siapa yang dapat menggunakan SIPLah BizOne?

    SIPLah-BIZONE dapat digunakan oleh :

    1. Penyedia barang dan jasa yang telah terdaftar untuk berjualan sebagai bagian dari SIPLah-BizOne sesuai dengan kebutuhan Satuan Pendidikan
    2. Satuan Pendidikan yang telah terdaftar di Kemendikbudristek sebagai sekolah penerima bantuan Dana BOS dari pemerintah untuk melakukan proses pembelian barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan Satuan Pendidikan
    3. Pengawas, untuk melakukan proses pengecekan atau pemeriksaan terhadap segala transaksi yang terjadi di platform SIPLah-BizOne.

    Bagaimana metode pembayaran setelah melakukan pemesanan barang di SIPLah BizOne?

    Pembayaran pada SIPLah-BizOne menggunakan sistem transfer antar bank dan menggunakan Virtual Account. Jika Satuan Pendidikan telah melakukan pembayaran diharuskan mengunggah bukti transfer pada sistem SIPLah BizOne

    Apakah saya bisa berpartisipasi sebagai penyedia di SIPLah BizOne?

    Bisa, selama memenuhi persyaratan sebagai penyedia barang dan jasa dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lebih detail tentang cara mendaftar sebagai penyedia dapat silahkan klik tautan berikut.

    Daftar Menjadi Penjual

    Bagaimana cara berpartisipasi menjadi mitra di BizOne?

    Calon mitra dapat melakukan registrasi dengan cara klik ‘Daftar’ pada menu halaman utama lalu lengkapi data diri (individu atau badan hukum) sebagai berikut:

    Individu
    1. Nama Lengkap
    2. Nomor Induk Kependudukan / Kartu Tanda Pengenal
    3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    4. Alamat Lengkap (diisi lengkap dengan data provinsi, kabupaten, kecamatan dan kode pos)
    5. Nomor Telepon (lampirkan nomor handphone yang aktif)
    6. Alamat email
    7. Titik koordinat lokasi / titik geografis
    8. Nomor Rekening
    9. Nama pemiliki rekening harus sesuai dengan nama dalam KTP
    10. Nama dan Cabang Bank
    11. Kategori UMKM
    12. Foto selfie dengan memegang KTP untuk keperluan verifikasi
    Badan Hukum
    1. Nama Perusahaan
    2. Akte Pendirian dan SK Kemenkumham
    3. Akte perusahaan dan SK Kemenkumham (kondisional)
    4. KTP Direktur / Penanggung jawab
    5. NPWP
    6. NIB
    7. SIUP
    8. Domisili
    9. Alamat email
    10. Nomor Telepon
    11. Titik koordinat lokasi / titik geografis
    12. Nomor Rekening Bank (harus atas nama perusahaan)
    13. Nama pemilik rekening bank
    14. Nama dan Cabang bank
    15. Kategori UMKM